Rubrik:  Tanya Jawab

Tanya:  Apa yang menyebabkan Anak Terlahir sebagai Tunarungu ?

Jawab:

Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa satu dari seribu bayi yang lahir mengalami tuli (tuna rungu) dan bisu (tuna wicara). Tentunya ini merupakan fakta yang mencemaskan, karena jika tidak terdeteksi lebih awal, akan banyak generasi penerus yang mengalami kondisi ini.

Bayi terlahir tuli dan bisu bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Bisa terjadi akibat faktor genetika (keturunan); perkawinan antar kerabat yang terlalu dekat, seperti antar sepupu kandung sehingga terjadi mutasi gen yang tidak wajar;

Bisa juga karena faktor lainnya seperti adanya infeksi akibat virus pada ibu hamil, terutama di masa 3 bulan pertama, seperti virus virus toksoplasmosis, herpes atau sipilis.

Namun hampir 50 persen anak-anak yang mengalami tuli dan bisu mendapatkan kondisi tersebut karena keturunan

Jadi kalau Bapak & Ibu memiliki orangtua yang mengalami tuli dan bisu, memang perlu merasa khawatir. Karena jika bisu dan tuli yang dialami orangtua Bapak dan Ibu disebabkan oleh faktor genetika (keturunan), ada kemungkinan Bapak dan Ibu juga memiliki gen pembawa tuli dan bisu (carier).

Artinya, si kecil ada kemungkinan mengalami kondisi serupa. Seandainya si kecil tidak mengalami tuli dan bisu, tetapi bisa saja mewariskan gen tersebut kepada anak-anaknya kelak.(***)